Pemerintah Wajib Menyelamatkan Rakyat

Foto: (Ist)

“Salus Populi Suprema Lex Esto”

Oleh: Ali Lubis, SH (Praktisi Hukum)

Jakarta (Bintangtimur.net) – Wabah Virus Corona Covid-19 mulai meresahkan, masker pun jadi barang mahal dan langka di Indonesia, para spekulan masker adu nasib berlomba-lomba ambil keuntungan sepihak diatas penderitaan rakyat, pemerintah dan aparat penegak hukum gerak cepat dan para spekulan pun di tangkap dan dijerat.

Marcus Tullius Cicero pernah mengatakan “Salus Populi Suprema Lex Esto” yang artinya keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi, jika dikaitkan dengan tujuan berdirinya suatu negara adalah keselamatan dan kemakmuran rakyat merupakan tujuan utama bernegara.

Negara Kesatuan Republik Indonesia secara jelas menyatakan didalam Alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945 mengatakan bahwa tujuan pemerintah Negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Maka, pemerintah berkewajiban menyelamatkan rakyat khususnya dari Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini mulai mengancam keselamatan rakyat Indonesia. Terlebih maraknya spekulan masker gadungan yang menambah keresahan rakyat atas perbuatannya.

Gerak cepat pun belum cukup, sebaiknya pejabat pemerintah baik busat dan daerah melakukan diskresi gratis kan masker sebagai bentuk tindakan preventif dan perlawanan terhadap para spekulan masker gadungan demi keselamatan rakyat Indonesia.

Edt: Redaksi (AN)