Pengukuhan PDP Tarbiyah Islamiyah, Sumut 2021-2026 Dilakukan Secara Virtual

Foto: Ist

“Insya Allah pada periode ini salah satu visi saya bahwa setiap desa ada lembaga tahfidz qur’an dan hadist,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Acara pengukuhan ini melalaui Zoom Meeting, yang di awali pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Fadhlan Wafi Lubis, siswa MAN 2 Deli Serdang, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama di tempat masing-masing, Sabtu (27/2/2021) pukul 10:00-11:30 WIB

Kepengurusan baru Tarbiyah Islamiyah – (PERTI) ini tertuang dalam surat keputusan Pimpinan Pusat Persatuan Tarbiyah Islamiyah No: Kep-26/PP-Tarbiyah/2021 yang dibacakan oleh  Sekjen Tarbiyah Islamiyah Pusat Drs. H. Pasni Rusli dan dilanjutkan dengan pengukuhannya oleh Ketua Tarbiyah Islamiyah Pusat KH Dr Basri Barmanda,MBA.

Beberapa pengurus yang dikukuhkan yaitu Ketua Majelis Pembina Daerah: Dr KH Amiruddin MS,MBA Ph.D, untuk  Ketua Majelis Pakar Daerah, Drs H. Moesa Rajeck Shah. M.Hum. Sedangkan  Pimpinan Daerah Perti Sumatera Utara Periode 2021-2026 diamahkan kepada Dr H Burhanuddin Harahap, M Pd dengan Wakil Ketua Prof M Husnan Lubis,MA, Ph.D.

Kemudian untuk pada posisi sekretaris di amanahkan kepada Drs. H M Royanta,S Pdi, M Pd dengan Bendahara, Prof Dr Ir H  Hasnudi,MS. Dan beberapa pengurus lainnya baik pimpinan dan anggota turut dikukuhkan.

Dalam periode kepengurusan sekarang tampak juga orang-orang muda pendatang baru dengan latar belakang yang mumpuni di antaranya, Bambang Supriadi, ST yang merupakan penggiat media di Sumatera Utara dengan pengalamannya di perbankan dan koperasi baik kovensional serta syariah yang masuk dalam keanggotaan biro ekonomi dan koperasi.

Selain itu juga orang muda pendatang baru lainnya H.Nazaruddin Daulay, LC, M P.d, merupakan penggiat pendidikan agama di Kota Medan yang masuk dalam keanggotaan biro pendidikan dan pengembangan SDM. Total keseluruhan biro-biro dalam kepengurusan ini sebanyak 17 biro yang dibentuk.

Dalam kata sambutanya Pimpinan Harian Tarbiyah Islamiyah Daerah Sumatera Dr H Burhanuddin Harahap, M Pd mengutarakan bahwa Organisasi Tarbiyah Islamiyah yang disingkat (PERTI) ini adalah salah satu organisasi tertua yang didirikan pada 20 Mei 1930 oleh Buya Sirajudin Habbas dalam memperajuangkan pendidikan khususnya pendidikan yang sesuai petunjuk Al-qur’an dan hadist.

“Insya Allah pada periode ini salah satu visi saya bahwa setiap desa ada lembaga tahfidz qur’an dan hadist,” ujar Burhanuddin Harahap.

Selain itu Dr H Burhanuddin Harahap Mpd mengajak seluruh anggota dan pengurus untuk sama-sama bersatu padu dan bersungguh-sungguh juga berdoa untuk kemajuan organisasi PERTI di Sumatera Utara secara khusus, juga kemajuan  Negara Kesatuan Republik Indonesia secara umum dengan landasan dasar negara yaitu Pancasila.

Toko PERTI Sumatera Utara KH M Adnan Harahap, menyempatkan dirinya memberikan wejangan, arahan dan nasehat kepada seluruh pengurus yang PERTI-Sumut yang baru ini untuk meminta luruskan niat, mantan kepala kanwil agama Sumatera Utara 11 tahun tersebut juga meminta Perti Sumut fokus pada pendidikan dan ciptakan orang-orang bertindak dengan kejujuran. (AF)

Edt: Redaksi (AN)

(Bambang Supriadi Siregar.ST)