Polsek Pancoran Mas Gelar Operasi Yustisi Untuk Memutus Mata Rantai Covid-19

Foto: Doc. Bintangtimur.net

“Tujuan kami melakukan operasi ini untuk menyadarkan masyarakat yang kurang disiplin”

Depok (Bintangtimur.net) – Kasus Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin tinggi. Seperti di Kota Depok contohnya, setiap hari kasus Covid-19 terus menanjak naik. Bahkan sekarang diberlakukan kembali PSBB Proporsional yang di perpanjang hingga tanggal 27 Oktober. Selain itu, Kota Depok pun kembali berstatus zona merah.

Karena alasan inilah, para petugas keamanan seperti Kepolisian, TNI dan Sat Pol PP giat melakukan Operasi Yustisi di berbagai titik daerah. Seperti hari ini, Sabtu (3/10), Polsek Pancoran Mas menggelar Operasi Yustisi di berbagai titik. Salah satunya di Jalan Caringin, Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Operasi Yustisi ini sendiri di gelar bertujuan untuk menyadarkan masyarakat yang tidak memakai masker saat keluar rumah. Padahal, hal tersebut sudah menjadi salah satu kewajiban. Para petugas melakukan operasi ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Tujuan kami melakukan operasi ini untuk menyadarkan masyarakat yang kurang disiplin. Seperti yang kita ketahui, kedisiplinan masyarakat masih kurang. Sehingga kami melakukan Operasi Yustisi dengan harapan bisa meningkatkan kesadaran,” kata Iptu Sunarso saat di wawancara di lokasi.

Ia melanjutkan, kegiatan Operasi Yustisi ini dilakukan secara serentak. Setiap titik ada petugasnya masing-masing.

“Di setiap titik pasti ada petugas yang melaksanakan operasi ini. Nah untuk di Jalan Caringin ini, saya lah salah satunya. Operasi Yustisi ini setiap hari dilakukan,” ujarnya.

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam hal membantu menghentikan Virus Corona memang menjadi masalah utama. Sehingga para petugas harus melakukan berbagai penanganan, salah satunya seperti operasi ini.

Iptu Sunarso memaparkan, untuk sanksi dari masyarakat yang melanggar ada beberapa. Dan terkait hal tersebut, pelanggar bebas memilih.

“Ada sanksi berupa push up, joged, bersih-bersih, nyanyi, dan sebagainya. Masyarakat bebas memilih. Harapan kami khususnya Kepolisian, dengan adanya operasi ini akan dapat meningkatkan kesadaran kita. Juga berharap supaya kasus Virus Corona khususnya di Kota Depok agar cepat selesai,” tutup Iptu Sunarso, pria yang ramah terhadap para pelanggar itu. (AF)

Edt: Redaksi (AN)