Prabowo-Sandi Akan Mengkaji Ulang Kontrak Pembangkit Batubara

Foto (Ist): Komitmen Prabowo-Sandi itu tidak perlu diragukan lagi. Dia punya strategi dan dorongan besar ke bioenergi

JAKARTA (Bintangtimur.net) – Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ramson Siagian menyatakan pihaknya akan mengkaji ulang kontrak pembangkit listrik dan merombak total struktur energi primer dengan mengandalkan bioenergi.

“Kami akan me-review kontrak pembangunan pembangkit yang masih akan menggunakan batubara agar dapat diganti sumber energinya,” ucapnya dalam diskusi tentang energi terbarukan yang digelar Greenpeace Indonesia di Jakarta, Kamis (6/2).

Menurutnya, pihaknya juga akan merombak energi fosil yang masih mendominasi struktur energi primer atau bahan bakar pembangkit listrik.

“Komitmen Prabowo-Sandi itu tidak perlu diragukan lagi. Dia punya strategi dan dorongan besar ke bioenergi,” terangnya.

Ia berpendapat, kebijakan yang akan dilakukan pihak Prabowo-Sandi akan jelas dan terukur, yaitu kepada pengembangan bioenergi.

Ke depan, tambahnya, bioenergi akan mengganti semua kekurangan kebutuhan energi nasional.

“Meski waktu mewujudkannya tidak sebentar, karena akan ada proses, antara lain harus membangun kilang yang dapat mengolah bioenergi tersebut,” ucap Ramson.

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Ahli Biofuel Indonesia (IKABI) Tatang Hernas S menyatakan potensi minyak sawit menjadi bahan bakar cair (biofuel) harus terus didukung oleh semua pihak.

Senada, peneliti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Agus Kismanto menyatakan Indonesia berpotensi besar menghasilkan bioenergi berbahan baku minyak sawit. (AN)