Sukses Itu Tergantung Diri Sendiri

Foto: Doc. Anton. N

“Tidak ada orang sukses tanpa berusaha keras”

Oleh: Anton. N

Jakarta (Bintangtimur.net) – Waktu itu hari sudah larut malam dan kebetulan hujan turun rintik-rintik. Hembusan angin malam dan udara dingin menerpa tubuh lemah ini.

Sebagian orang sudah tertidur lelap bersama mimpinya. Suasana pada saat itu sepi sunyi, burung peliharaan yang biasanya berkicau ketika hujan turun, tumben sekali mendadak bungkam.

Orang rumah semuanya sudah tidur pula. Mungkin karena kelelahan. Yang belum tidur hanyalah saya sendiri.

Untuk menghangatkan badan, saya pun memutuskan membuat secangkir kopi. Karena sungguh nikmat jika meminum kopi ditengah rasa dingin karena hujan.

Setelah itu, saya pun melamun sendiri. Sebagai pelengkap suasana, tak lupa juga saya membakar satu batang rokok.

Pikiran ini jauh terbang melayang ditengah kesepian. Entah apa yang sedang saya lamunkan, karena begitu banyak sesuatu yang terbayang.

Tapi lamunan saya seketika berhenti ketika berkhayal sesuatu yang indah. Saya berkhayal menjadi orang sukses, banyak ilmu, banyak harta sehingga di khayalan itu saya bisa membantu keluarga dan juga sesama.

Berkhayal itu memang sungguh indah. Apa yang tidak mungkin bisa seolah jadi mungkin. Tapi khayalan itu sirna setelah saya sadar akan diri ini.

Tiba-tiba saya bertanya kepada diri sendiri. Mau kemanakah tujuan hidup saya? Bagaimana caranya supaya mencapai kesuksesan seperti dalam khayalan tadi? Sedangkan kenyataan bertolak belakang dengan khayalan indah itu. Bagaimana saya bisa berbagi jika terus seperti ini?

Ditengah hujan pertanyaan itu menyerang, saya lalu teringat akan pesan sang guru.

Suatu ketika beliau pernah berkata. “Jika kamu ingin sukses, belajarlah dengan sungguh-sungguh. Cari ilmu sebanyak mungkin sebelum kau menjelajah dunia. Jangan berkecil hati atas pahitnya kenyataan hidupmu. Sukses itu tidak tergantung pada jenjang pendidikan. Tapi sukses tergantung kepada orang itu sendiri. Jika orang itu berusaha keras, maka dia akan mencapai kesuksesan walaupun pendidikannya tidak tinggi.”

Begitu mengingat kembali semua pesan itu, timbulah harapan ditengah keputusasaan. Bagaikan sekuntum bunga layu yang tersiram air. Saya sadar lalu beranjak dari lamunan.

Kemudian saya mencoba untuk mengartikan pesan itu, ternyata memang benar dan masuk akal.

Sukses itu tergantung kepada kita sendiri. Orang lain hanya jembatan saja. Jika jembatan sudah ada, maka semua kembali kepada diri sendiri.

Mau sukses? Ya bekerja keras. Kalau tidak ya sudah, itu hak anda.

So, berjuanglah dengan keras dan carilah ilmu sebanyak mungkin supaya kau mencapai kesuksesan.

Tidak ada orang sukses tanpa berusaha keras. Sukses akan datang jika kau mau berusaha mencapainya. Jangan hanya bermimpi. Sekarang sudah saatnya kau bangun dan membuka mata lebar-lebar.

Lanjutkan mimpimu ketika kesuksesan sudah menghampirimu nanti. Tapi jangan sampai kau terbuai dalam mimpimu sendiri.