Susu Kambing Etawa Prospek Bisnis Dan Berkhasiat

Foto: Doc. Bintangtimur.net

“Susu kambing etawa ini sangat istimewa jika di konsumsi, karena bisa mengobati orang yang terkena penyakit paru-paru dan juga asma”

Depok (Bintangtimur.net) – Situasi pandemi virus Corona seperti sekarang ini, menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh adalah suatu keharusan. Tujuannya tentu untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap paparan virus corona ataupun virus lainnya.

Meskipun tidak dalam kondisi pandemi, menjaga kesehatan juga merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari berjemur dibawah sinar matahari pagi, olahraga (seperti; bersepeda, jogging, senam, dll).

Bahkan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman harus tetap menjaga kebersihan dan kandungan gizi serta protein.

Pola hidup sehat secara sederhana, salah satunya kita bisa mengkonsumsi susu. Meski banyak varian jenis susu, maka tidak ada salahnya mencoba susu kambing etawa. Selain sangat baik dan berkhasiat untuk di minum, susu kambing ini juga memiliki kandungan vitamin dam protein yang jauh lebih besar daripada susu sapi. (lihat catatan dibawah)

Penelusuran redaksi Bintangtimur.net menemui seorang pengusaha susu kambing etawa yang terletak di Jl. Muhammad Kahfi II No. 104, Cipedak Jagakarsa-Jakarta Selatan. (Tepatnya samping kober). Beliau adalah seorang Habib bernama Muhammad Jafar bin Abdullah Al Haddad. Sosok yang sangat ramah dan penuh semangat saat menerima kehadiran redaksi.

Ia mengakui, dirinya berjualan susu kambing etawa sudah sejak lama. Dirinya merambah ke usaha ini sejak tahun 2000 silam ketika belum lama bermukim di Kota Depok.

“Alhamdulillah waktu itu saya buka warung sate khas Tegal di Depok, tepatnya di Jalan Nusantara Raya, di depan gedung MUI. Di situ saya sudah mulai jualan susu kambing yang akhirnya pada saat itu ada seorang dokter hewan, namanya dokter Ishak. Beliau berhenti di situ, lalu saya berkenalan dengannya. Alhamdulillah dokter Ishak menjelaskan kepada saya bahwa susu kambing ini sangat baik untuk di konsumsi,” kata Habib Muhammad, yang merupakan kelahiran asli Kota Tegal ini.

Ia menyebutkan bahwa susu kambing etawa ini mempunyai manfaat yang sangat banyak. Salah satunya bermanfaat untuk mengobati penyakit berat seperti paru-paru dan asma. Hal ini sudah di uji coba kebeberapa penderita, seraya menunjukkan video testimoni dari pelanggannya.

Foto: Doc. Bintangtimur.net

“Susu kambing etawa ini sangat istimewa jika di konsumsi, karena bisa mengobati orang yang terkena penyakit paru-paru dan juga asma. Sangat cepat untuk orang yang mempunyai riwayat penyakit asma. Sedangkan untuk khasiatnya, sangat luar biasa. Baik untuk pria maupun wanita. Salah satunya untuk menambahkan asi bagi wanita yang sedang menyusui dan menguatkan kandungan bagi ibu hamil. Terlebih lagi untuk kesehatan tulang. Susu sapi pun juga bagus, tapi susu kambing etawa ini lebih bagus lagi,” katanya takjub.

Ia juga menjelaskan, minum susu kambing ini merupakan kebiasaan Rosulullah SAW.

“Nabi kita Muhammad SAW memelihara kambing untuk diperah diminum susunya”. Beliau menyebutkan, susu kambing yang ia jualkan berasal dari susu kambing etawa asli.

“Saya ada kandang kambing etawa di Tegal, kebetulan ada satu Habib namanya Habib Umar bin Muhammad Al Haddad, beliau ini kebetulan masih keluarga saya. Beliau pelihara sendiri kambingnya, jumlahnya lumayan. Ada sekitar puluhan ekor kambing, di pelihara sendiri. Makanannya juga di jaga, kualitasnya juga bagus. Beliau pelihara lalu di perah, setelah itu di masukan plastik dengan berat 250gram lalu di bekukan,” katanya menjelaskan.

Susu Kambing Al Haddad ini tidak pakai pengawet sama sekali. Jadi jika setelah di beli, wajib untuk di masukan ke dalam freezer kembali. Untuk menjaga agar kandungan didalamnya tidak terkontaminasi. Selain itu, kehalalan susu kambing ini pun dijamin.

“Nah setelah di beli, susu ini wajib di masukan ke dalam freezer supaya awet. Sebab susu ini tidak pakai pengawet sama sekali. Untuk keasliannya ini saya jamin, halalan toyibban ini saya jamin. Tidak ada campuran sama sekali,” ujar Habib Muhammad.

Foto: Doc. Bintangtimur.net

Beliau menjelaskan, jika tidak di masukan ke dalam freezer, susu kambing ini hanya bertahan selama sekitar lima jam saja.

“Jika tidak di masukan ke freezer, paling hanya bertahan lima jam. Susu sapi juga sama, paling hanya bertahan sekitar lima sampai enam jam. Lebih dari itu akan rusak,” ungkapnya.

Selain itu, cara memasak susunya juga terbilang sangat mudah.

“Jika masih beku, kita hanya perlu mencairkan. Nanti kalau sudah mencair langsung di minum bisa. Atau mau di hangatkan juga bisa, tapi jangan terlalu panas, hangat saja sudah cukup. Sebab kalau terlalu panas, kandungan yang tertera di dalamnya akan hancur,” jelasnya. Bicara perbedaan, menurutnya susu kambing yang ia tawarkan pun sama dengan susu murni lainnya. Yang membedakan adalah dari kualitas pemberian pakan terhadap kambing etawa itu sendiri.

“Sama saja, yang membedakan makannya saja. Kalau kambingnya di kasih makan ampas tahu, susunya emang banyak. Tapi khasiatnya kurang. Kalau ini alhamdulillah di kasih makan daun turi, kulit pisang, rumput, sedangkan tahu hanya untuk campuran saja,” ujarnya menjelaskan.

Dia mengatakan bahwa dirinya sebagai agen tunggal yang berada di Kota Depok. Akan tetapi, di daerah lain juga ada. Seperti misalnya di daerah Condet. Sedangkan untuk harga per liter, Habib Muhammad membandrolnya dengan harga yang relaif terjangkau. “Saya jual RP60.000 per liter, tapi kalau mau beli satuan juga bisa. Saya sudah bungkus per 250gram,” katanya.

Menurut Habib Muhammad, siapapun boleh mengkonsumsi susu kambing etawa ini. Baik itu anak-anak, remaja, ataupun orang tua. “Semua kalangan bisa, kalau untuk anak itu sangat baik untuk pertumbuhan otak,” katanya.

Bagi yang tertarik Susu Kambing Etawa Al Haddad ini bisa datang ke Jalan Muhammad Kahfi II No. 104, Cipedak Jagakarsa-Jakarta Selatan. Atau bisa juga menghubungi nomor telepon: 0813 1908 1030, tutup Habib Jafar.

Catatan :

Kandungan Susu kambing etawa menurut hasil penelusuran redaksi di google:

Susu kambing memang mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan susu sapi. Demikian pula dengan kandungan dan manfaat susu kambing etawa. Yakni kaya akan protein, asam laktat, rendah gula dan kolesterol, kalsium, zinc, magnesium, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, dan potassium.

Semua zat itu jumlahnya lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Bahkan, susu kambing etawa digadang-gadang memiliki kandungan yang hampir sama dengan Air Susu Ibu (ASI). Kandungan-kandungan pada susu kambing etawa lebih mudah diserap oleh tubuh.

Kadar dan efek laktosa pada susu kambing etawa juga lebih ringan, sehingga manfaat susu kambing etawa sangat cocok untuk orang dengan alergi atau mudah diare karena susu. Risiko perut terasa melilit akan lebih sedikit.

Hadist Tentang Susu Kambing Etawa

1). Hadist dari Abu Ubaidah bin Atoq bahwa Rasulullah SAW bersabda : Kambing merupakan binatang yang penuh Baroqah, yang ditinggalkan orang soleh terdahulu. Oleh itu kita menghidupkan kembali Sunnah, disamping kita meminum atau menjual secara tidak langsung kita mendapat pahala (Insha Allah).

2). Abu Hurairah r.a menukilkan sebuah hadis Rasulullah SAW yang menyentuh tentang kambing: Allah tidak mengutus seorang nabi kecuali dia itu seorang gembala kambing. Maka para sahabat bertanya Adakah Tuan juga? Jawab beliau Ya, aku pernah menggembala kambing dan bertanggungjawab ke atas beberapa bahagian penduduk Mekah.

3). Sabda Rasullah SAW, Peliharalah kambing kerana padanya terdapat keberkahan.

4). Nabi Muhammad S.A W bersabda bahwa Hendaklah kamu berpegang kepada kambing (mengambil manfaat daripada kambing: Yaitu daging, bulu, kulit dan susunya) karena itu ialah kenderaan mu didalam syurga. Dalam sepotong hadis yang lain ada menyatakan Nabi Muhammad s.a.w sangat suka meminum susu kambing yang mentah (belum dimasak).

5). Abu Hurairah juga meriwayatkan sabda Rasulullah Asas kekufuran ada di arah matahari terbit, megah dan angkuh ada pada pemilik kuda dan unta, mereka yang bersuara nyaring (bising) ialah pemelihara hewan berbulu (arnab, kucing) dan ketenangan itu ada pada gembala kambing. [Hadis ini turut dinukilkan oleh al-Imam Malik dalam kitabnya al-Muwatta`].

6). Abu Said al-Khudri mengata bahwa Rasulullah pernah bersabda Akan tiba suatu masa di mana kambing merupakan sebaik-baik harta bagi orang Islam. Orang Islam akan memeliharanya di puncak-puncak bukit dan di lembah-lembah, hidup terpencil dari masyarakat demi memelihara agama daripada ditimpa bencana. Malah menurut Abdullah bin Masud semasa beliau bertugas sebagai gembala kambing milik Utbah bin Muaith, susu kambing segar merupakan minuman kegemaran Rasulullah dan beliau meminumnya secara langsung setelah diperah daripada kambing betina.

7). Abu Hurairah berkata, Pada malam baginda diisrakkan, dihulurkan kepada Rasulullah SAW dua gelas minuman yaitu khamr (minuman keras) dan susu. Baginda pun melihat kedua-duanya lalu mengambil susu. Jibril berkata, Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan engkau kepada fitrah. Seandainya engkau mengambil khamr, nescaya binasalah umatmu. [Riwayat Imam al-Bukhari]

8). Abu Hurairah berkata, Nabi SAW bersabda: Ketika aku diisrakkan, aku bertemu dengan Nabi Musa AS, baginda seorang lelaki yang tinggi kurus dengan rambut berombak seperti seorang Bani Syanuah. Aku juga bertemu dengan Nabi Isa AS, baginda kelihatan seperti lelaki biasa, berkulit merah, seakan-akan baru keluar dari pemandian. Aku bertemu dengan Nabi Ibrahim AS, akulah keturunannya yang paling mirip dengannya. Lalu aku diberi dua bejana, yang satu berisi susu dan yang lain berisi arak. Dikatakan padaku: Ambillah yang engkau suka. Aku mengambil susu dan meminumnya. Kemudian dikatakan: Engkau diberi petunjuk dengan fitrah atau engkau menepati fitrah. Seandainya engkau mengambil arak, niscaya sesat umatmu. [Riwayat Imam Muslim].

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitabnya Zadul-Maad Fi Hadyi Khairil Ibad menyelit mafhum hadis di atas dalam keterangannya pada kelebihan susu kambing.

Riwayat dari sahabat Rasulullah yaitu Ibnu Abbas ra, Aku bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu kambing. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Jika minum susu maka ucapkanlah, Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu (Ya Allah berkahilah kami pada susu ini dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu) karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu. (HR. Al-Baihaqi dalam Syuabul Iman (5957)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.Hadits di atas diriwayatkan oleh Ahmad 3/302 dengan sanad yang sahih. Kisah di atas asalnya ada di Muwatha dan Sahih Bukhari Muslim. Juga tercantum dalam Sahih Tirmidzi no 3455.

Edt: Redaksi (AN)